Minggu, 18 November 2012

BIGBANG Sang Kpop Artists


Boyband asal Korea Selatan yang beranggotakan lima personil ini merupakan salah satu boyband yang paling fenomenal bagi kalangan pecinta Kpop saat ini. Boyband yang debut di tahun 2006 ini, digawangi oleh Kwon Jiyoung atau yang lebih dikenal dengan nama panggungnya G-Dragon sebagai leadernya, T.O.P atau Choi Seunghyun si rapper, Taeyang atau Dong Youngbae yang terkenal akan gaya dance yang swag, si suara emas Kang Daesung, dan si magnae Seungri atau Lee Seunghyun.
Bigbang merupakan boyband Kpop yang terkenal membawakan aliran musik hiphop dengan rap yang selalu ada di setiap lagunya. Lagu yang merupakan lagu bersejarah bagi Bigbang adalah lagu Lies (geojitmal) yang merupakan single di mini album pertama mereka, Always. Lagu ini menghantarkan Bigbang sebagai boyband baru yang siap mengguncang jagat Kpop di kala itu. Para kritikus musik Kpop pun memuji lagu yang diciptakan oleh G-Dragon ini sebagai lagu yang earcatchy dan smart. Lagu ini juga merupakan terobosan baru dari Bigbang karena mereka menambahkan unsur electronic music. Mini album pertama mereka ini menembus angka penjualan 87.000 copy. Di penghujung tahun 2007 Bigbang juga sukses memenangkan Best Male Group dan Song of the Yearuntuk lagu “Lies” di ajang

penghargaan musik bergengsi di industri musik Korea Selatan, Mnet Asian Music Awards 2007. Di tahun yang sama the 17th Seoul Music Awards juga menganugrahi Artist of the Year kepada Bigbang dengan rekor pendapatan yang fantastis di penghujung tahun tersebut dengan total pendapatan 10,6 juta US dollar.
Di tahun 2008, mini album ketiga mereka yang berjudul Stand Up juga sukses di pasaran dan terjual 100.000 copy dengan hits andalannya “Day by Day” (Haru Haru). Lagu ini memuncaki hampir seluruh tangga laguonline selama enam minggu berturut-turut.  Di tahun yang sama pula, Bigbang mulai mengekpansi dunia musik Jepang dan mereka juga meraih sukses di negeri sakura tersebut. Mereka juga disebut sebagai boyband Korea Selatan yang paling ingin ditonton oleh pecinta musik di Jepang. Hits single mereka di Jepang adalah lagu “Gara-Gara Go” dimana Bigbang masih mengedepankan unsur hiphop dengan rap yangsmart dari G-Dragon dan TOP ditambah dengan electronic music yang earcatchy. Para personil Bigbang juga mempunyai proyek solo mereka. G-Dragon, sang leader, me-release lagu “Heartbreaker”, Taeyang dengan lagu “Where U At?” dan  “Wedding Dress”, dan juga Seungri dengan lagu “Strong Baby”.
Mulai tahun 2010, Bigbang memulai konser besar pertama mereka yang diberi nama Bigbang’s Big Show. Konser ini sukses besar dan tiketnya terjual hanya dalam waktu 10 menit saja. Bigbang juga berkolaborasi dengan 2NE1, girlband  yang dijuluki sebagai FemaleBigbang, dengan lagu hits mereka “Lollipop” yang banyak digunakan untuk iklan produk di Korea Selatan. Di tahun ini pula, G-Dragon dan TOP merilis album duet mereka, GD&TOP. Ditambah dengan kemunculan si magnae Seungri yang me-release mini album pertamanya, VVIP.
Setelah sibuk dengan konser, proyek solo, dan iklan produk-produk dari Korea Selatan. Pada tahun 2011, Bigbang merelease album Tonight yang sukses merebut hati pecinta Kpop di seluruh dunia dan mereka berhasil menyabet gelar  Best Worldwide Act di MTV Europe Music Awards 2011 mengalahkan Britney Spears sebagai nominee di kategori yang sama. Meskipun begitu Bigbang memutuskan untuk hiatus (mengundurkan diri sementara dari dunia musik) di tahun 2011 ini karena Daesung dan G-Dragon tersandung masalah hukum.  Mereka kembali hadir di dunia musik dengan menjadi pengisi di konser YG Family di Seoul. Mereka juga mengumumkan akan me-release album baru mereka dan merencanakan tour dunia di tahun 2012.
Bigbang, oleh para kritikus, lebih banyak disebut dengan Kpop Artist karena bakat mereka dalam menciptakan dan mengomposisikan lagu mereka. Menurut para kritikus, Idols adalah mereka yang hanya siap maju “berperang” setelah mendapatkan training dari perusahaan entertainment di Korea Selatan dan tidak digadang-gadang untuk menciptakan lagu mereka sendiri, tapi hal tersebut berbeda dengan apa yang dimiliki oleh Bigbang.
Bigbang merupakan boyband hasil didikan YG Entertainment yang beralamat di 397-5 YG Building(5th Floor)Hapjeong-Dong, Mapo-Gu Seoul, South Korea Zip Code:121-886.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar